Kasokan Epon adalah usaha sayuran yang di kelola oleh Abbas, adik dari mas Ivan. Mereka menggunakan sistem hydroponic yaitu tanaman yang ditanam menggunakan media air, awal mereka memanen dan menjual sayurannya pada tahun 2019 dan Mas Ivan sebagai co-founder dan sekaligus mengurus bagian marketing berjualan di pantai lombang, dan dari sana antusias masyarakat sangat baik. Abbas sendiri sudah mempelajari hydroponic sejak 2019, banyak kegagalan yang di alami nya, tetapi Abbas tetap yakin dengan pilihannya dan mulai memperbesar lahan hydroponic nya hingga sekarang ada 4000 titik.

Mas Ivan sendiri adalah seorang perawat di salah satu puskesmas di Sumenep, dia sendiri mempelajari marketing secara otodidak, dengan kegemarannya di dunia digital marketing, mas Ivan sudah berhasil membuat Kasokan Epon menjadi dikenal di Masyarakat, jika datang ke tempatnya langsung, pembeli dapat merasakan mencabut tanamannya sendiri dari lahannya, bahkan disana disediakan spot foto untuk anak-anak muda yang ingin berfoto dengan usaha hydroponic dari Abbas, tempatnya bersih, itu dapat dibuktikan dari hasil tanaman yang di tanam disana. Mulai dari postingan di sosial media, kata-kata, gambar, video, promo dll. semua mas Ivan yang mengurusnya, sedangkan Abbas fokus di riset penanaman hydroponic agar tanaman bisa tumbuh besar, enak, dan tidak ada hama tanpa pepstisida. Bahkan mas Ivan mengurusi beberapa usaha keluarganya dalam masalah marketing, karena pengalamannya dan dia senang akan hal itu, mas Ivan dapat membantu penjualan apapun dengan promosinya.

 

 

Dan ini adalah sebuah usaha yang sangat membantu ekonomi Sumenep, dimana tanaman yang di tanam oleh mereka adalah tanaman yang seharusnya ada di daerah yang dingin seperti Malang, selama ini sayuran sayuran ini, mengambil dari Malang, mas Ivan berharap bahwa usaha Kasokan Epon dapat memotong biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk membeli sayur, selain itu hasil tanaman hydroponic sendiri sangat baik untuk di konsumsi karena tidak menggunakan semprotan anti hama, sehingga masyarakat Sumenep tidak perlu lagi jauh-jauh mendatangkan sayuran dari luar kota dan kualitas sayuran yang di konsumsi pun dapat menyehatkan.

 

Harapan Mas Ivan kepada Pemerintahan adalah agar UMKM dirangkul, diberi akses untuk penjualannya, karena menurut mas Ivan permodalan bukanlah lagi hal yang vital dalam membangun sebuah usaha, justru ilmu, cara menjalankan usaha dan di bantu penjualannya juga sangat perlu diperlukan agar UMKM di Sumenep dapat bertahan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *