Memasuki rangkaian ketiga program kerja tahunan yakni Brawijaya Festival 2022 yang diselenggarakan oleh Forum Daerah Mahasiswa Brawijaya University Students from Sumenep (BUSS), Panitia Pelaksana pun gelar Try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), pada 9/1/2022. Mengusung tema “Mengabdi dengan Aksi Bergerak dengan Hati”, Try Out UTBK SBMPTN ini berhasil menggaet ratusan peserta dari kalangan siswa SMA/MA/SMK sederajat se-Kabupaten Sumenep.

Bekerja sama dengan Brawijaya Intensive Centre (BIC), Try Out ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem terbaru berbasis komputer dan di-setting semirip mungkin dengan pelaksanaan UTBK yang sesungguhnya.

 

Hesti Pujiyanti selaku penanggung jawab acara mengatakan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan diri para peserta sehingga mereka dapat menyiapkan strategi yang tepat ketika UTBK dilaksanakan nanti. Try Out ini juga akan melatih para peserta untuk beradaptasi dalam mengerjakan soal-soal sulit dalam waktu terbatas”, jelas Hesti.

 

Selain Try Out UTBK SBMPTN, program kerja Brawijaya Festival 2022 juga turut menggelar rangkaian acara lainnya seperti BUSS Visit School (BVS), Webinar Nasional, Sambang Desa, serta Awarding Day & Expo Campus.

 

Rahmat Rayansha yang juga menjadi partner Penanggung Jawab acara, juga mengatakan hal yang serupa bahwasanya acara ini diadakan sebagai wadah bagi para siswa SMA/MA/SMK sederajat untuk melatih kemampuan diri dalam menghadapi tes UTBK SBMPTN yang sesungguhnya.

“Harapan diadakannya Try Out UTBK Brwijaya Festival ini yaitu sebagai wadah dan media pelatihan untuk siswa SMA/MA/SMK sederajat khususnya kelas 12 di Kabupaten Sumenep dalam persiapan menghadapi UTBK yang sesungguhnya sehingga para peserta dapat terlatih kedepannya”, ujar Rayan.

 

Fahrur Rozi ketua Umum BUSS SUMENEP mengugkapkan bahwa kegiatan Brawijaya Festival diadakan atas dasar keinginan mahasiswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai tri dharma perguruan tinggi serta atas kecintaan yang begitu mendalam untuk daerah tanah kelahiran. “Harapannya masyarakat kabupaten sumenep khususnya anak muda dapat mengikuti setiap rangkaian acara Brawijaya Festival 2022” ucap Rozi.

 

Selain itu, Jefry Andy Agusty selaku Ketua Pelaksana Brawijaya Festival berarap bahwa panitia pelaksana Brawijaya festival 2022 dengan dilaksanakannya salah satu rangkaian BRAWFEST yaitu TRYOUT UTBK SBMPTN nantinya siswa SMA dan MA sederajat mendapatkan pengetahuan baru perihal soal-soal UTBK, dan TRYOUT ini bisa menjadi bekal bagi mereka untuk masuk universitas jalur SBMPTN. Harapan lainnya yang di inginkan oleh panitia pelaksana yaitu siswa SMA dan MA sederajat bisa menerapkan pengetahuannya ini agar bisa berpeluang lebih untuk masuk di perguruan tinggi.

 

Wakil Ketua Pelaksana Brawijaya Festival 2022 yakni Supyandi juga turut menyampaikan harapannya semoga Try Out UTBK SBMPTN Brawijaya Festival tahun selanjutnya dapat lebih menggaet lebih banyak peserta dan acara dapat digelar dengan ekskalasi yang lebih besar dan lebih baik lagi.

“Tentu sangat besar harapan bahwa acara ini dapat terus berlanjut dengan lebih besar dan lebih menarik antusiasme dari peserta. Dan juga semoga tahun depan dapat lebih banyak lagi stakeholder yang terlibat untuk turut serta menyukseskan Try Out UTBK SBMPTN Brawijaya Festival”, Tegas Yandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *